Sukses

Kebudayaan Eratkan Persahabatan Indonesia-China

Menteri Puan Maharani menyatakan hubungan baik Indonesia-China memiliki sejarah sangat panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyatakan setiap negara memiliki aneka ragam seni yang membangun identitas dan karakter suatu bangsa. Kekayaan budaya ini sangat bermanfaat dalam membangun persahabatan melalui kebudayaan antar bangsa di dunia.

Hal itu diungkapkan Puan saat menghadiri balet karya agung di Jakarta. Dia hadir mewakili Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang diundang secara khusus Kedutaan Besar China untuk Indonesia, Xie Feng.

"Diplomasi kebudayaan penuh damai antarnegara seperti halnya melalui pagelaran balet ini dapat membawa dampak positif bagi perdamaian dunia," ujar Menko Puan, Selasa (2/11/2016).

Puan menjelaskan, hubungan baik Indonesia-China memiliki sejarah sangat panjang. Bahkan hubungan itu sudah terjadi jauh sebelum kedua negara meraih kemerdekaan. Kapal-kapal China, Indonesia, maupun bangsa lain telah melayari jalur perdagangan di dunia yang dikenal sebagai "Jalur Sutra Laut" selama ribuan tahun yang lalu.

"Meskipun pelayaran tersebut utamanya dalam rangka perdagangan, namun interaksi dari kegiatannya telah membawa pengaruh budaya yang timbal-balik antarnegara khususnya antara China dan Indonesia," dia menambahkan.

Hubungan persahabatan Indonesia dan China terus terbina dengan baik hingga kini. Hubungan itu dibuktikan dengan semakin meningkatnya kerja sama, terutama dalam bidang investasi, perdagangan, dan kegiatan kunjungan wisata.

"Salah satu hubungan diplomatik yang baik antara Indonesia dan China itu dibuktikan juga dengan kebudayaan yang penuh damai antarnegara, seperti halnya melalui pagelaran balet saat ini," Puan Maharani memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini