Sukses

Butuh Bantuan Polisi Saat Demo 4 November, Gunakan Aplikasi Ini

Polisi mengimbau masyarakat memanfaatkan aplikasi tersebut jika menemukan tindak pidana saat berlangsungnya demo 4 November

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Polda Metro Jaya siap mengamankan aksi demo besar-besaran di Jakarta pada Jumat 4 November 2016 mendatang. Polisi siap mendukung dan mengawal jalannya aksi agar berlangsung aman dan damai.

Polisi juga telah menyiapkan aplikasi berbasis online bernama SIAP PMJ untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara cepat. Melalui aplikasi itu, warga bisa melaporkan kejadian yang ia temui kepada polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, mengimbau kepada masyarakat memanfaatkan aplikasi tersebut jika menemukan tindak pidana saat berlangsungnya aksi demo 4 November mendatang.

"Tolong disampaikan ke masyarakat, bahwasanya aplikasi SIAP PMJ sudah bisa digunakan. Silakan lapor apabila menemukan tindak kejahatan di sekitar Anda," ujar Awi kepada wartawan, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Tak hanya soal kejahatan, Awi melanjutkan, masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi secara cepat juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut.

"Misal melihat ada kecelakaan di mana, atau kemacetan parah yang membutuhkan penanganan cepat, bisa dilaporkan," jelas dia.

Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di App Store atau Google Play Store. Laporan yang dibuat melalui aplikasi itu nanti akan terhubung ke pusat kendali di Polda Metro Jaya, selanjutnya akan dikirimkan ke petugas kepolisian di dekat lokasi.

"Pelayanannya penuh selama 24 jam," tegas Awi.

Terdapat sejumlah fitur di aplikasi tersebut. Tombol lapor digunakan untuk melaporkan kejadian melalui foto atau video berdurasi 10 detik dan mendeskripsikan laporannya. Tombol daftar laporan digunakan untuk melihat jumlah laporan yang telah dikirim.

Tombol polisi terdekat digunakan untuk mengetahui letak pos atau kantor polisi yang berada di dekat lokasi pelapor. Sedangkan tombol alarm digunakan untuk mengaktifkan high freq pada ponsel untuk menarik perhatian orang sekitar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini