Sukses

Temui Wiranto dan JK Bahas 4 November, Ada Apa dengan SBY?

Siang ini SBY akan menjelaskannya di Cikeas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono bersafari ke pemerintah kemarin. Pertama, dia mendatangi Menko Polhukam Wiranto di kantornya. Lalu pada malam harinya Ketua Umum Partai Demokrat itu menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di kediaman pribadinya.

Saat bertemu dengan Wiranto, SBY membahas soal demonstrasi 4 November. "Iya seputar itu (demo 4 November)," kata Wiranto di Istana Kepresidenan, Selasa 1 November 2016.

Beberapa isu terkini juga ikut dibicarakan dalam pertemuan itu. Keduanya ingin semua berjalan dengan kondusif untuk menjaga kesatuan dan persatuan. Jangan sampai berbagai isu yang berkembang justru membuat kondisi Indonesia tidak kondusif.

"Oleh karena itu, kembali tadi kita bicarakan seputar itu aja," ucap Wiranto.

Menurut dia, sebagai mantan Presiden dan Menko Polhukam, SBY tentu paham dengan kondisi Tanah Air saat ini. Pada sisi lain, SBY punya pandangan tersendiri mengenai masalah demo 4 November. Hal tersebut disampaikan ke Wiranto sebagai usulan.

"Itu masukan sudah paham. Mantan Menko Polhukam kan sama ilmunya. Tapi pasti beliau punya pandangan, bagaimana pun beliau mantan presiden. Ada satu pemahaman. Saya harap tidak hanya SBY, tapi mantan presiden sekalipun harus punya pandangan yang sama, warisan ini harus kita amankan," ujar Wiranto.

Kemudian, SBY juga mendatangi Jusuf Kalla untuk membahas soal isu 4 November.

"Tentu kita bicara kondisi hari ini dengan harapan bahwa sebuah kejadian satu-dua hari mendatang tanggal 4 dan juga pilkada berlangsung dengan aman, baik. Dan kalau ada hal-hal kita koordinasi masing-masing," kata Jusuf Kalla.

JK pun mengaku menerima sejumlah masukan dari pria yang akrab disapa SBY itu. Khususnya yang terkait demonstrasi besar-besaran 4 November 2016 mendatang.

"Semua orang tahu, Anda juga tahu bahwa tanggal 4 ada demo besar-besaran. Ya, masukannya (SBY) kita tenang semua," ungkap JK.

JK juga membantah adanya anggapan bahwa Partai Demokrat berada di balik rencana aksi demo mendatang. Menurut dia, SBY malah memberikan saran dalam menghadapi demonstrasi tersebut.

"Kita tidak bahas itu. (SBY) hanya ingin menyampaikan saran-sarannya karena di pemerintahan sepuluh tahun, di militer lama, jadi memberikan saran bagaimana kita koordinasi apabila timbul masalah pada tanggal 4 nanti," tandas JK.

Lalu, apa tujuan SBY mendatangi pemerintah?

SBY sendiri tak menjelaskan apa maksud kedatangannya menemui pihak pemerintah. Namun dia berjanji akan menjelaskan kepada publik soal itu hari ini di kediamannya, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.