Sukses

Pengacara: Dahlan Iskan Tidak Bisa Tidur di Tahanan

Kejati Jatim menyetujui status Dahlan Iskan sebagai tahanan kota, Senin 31 Oktober 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Dahlan Iskan, tersangka pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU), Pieter Talaway memastikan pihaknya sudah mengajukan penangguhan penahanan terhadap kliennya ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Kejati Jatim pun sudah menyetujui status Dahlan sebagai tahanan kota, Senin 31 Oktober 2016. Pieter menjelaskan, faktor kesehatan menjadi alasan utama pihak keluarga dan pengacara mengajukan penangguhan penahanan.

"Itu permintaan keluarga atas dasar kesehatan karena memang beliau sakit. Pada waktu pemeriksaan kejahatan melakukan cek tensi, tensinya tinggi 160-an," kata Pieter di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2016).

Selama berada dalam tahan, sambung dia, kondisi Dahlan menurun. Apalagi, Dahlan kesulitan beristirahat selama di balik jeruji besi.

"Karena enggak bisa tidur ya di tahanan. Itu yang membuat kesehatannya menurun," ucap Pieter.

Namun, dia mengatakan kliennya tetap diwajibkan melapor ke Kejati Jawa Timur dua kali dalam seminggu.

"Senin Kamis ya, kan wajib lapor," sambung Pieter.

Sebelumnya, Dahlan Iskan ditetapkan tersangka karena dugaan pelanggaran penjualan aset PT Panca Wira Usaha (PWU) di Kediri dan Tulungagung pada 2003. Waktu itu, dia menjabat Direktur Utama PT PWU selama dua periode dari 2000 sampai 2010.

Penyidik lebih dulu menetapkan mantan Kepala Biro Aset PWU, Wishnu Wardhana, sebagai tersangka. Keduanya kini ditahan di Rutan Medaeng.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.