Sukses

Di Hadapan Ulama, Jokowi Janji Tak Intervensi Kasus Ahok

Menurut Ma'aruf, sejak awal isu soal dugaan penistaan agama itu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan politik dan Pilkada DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo berjanji tidak akan intervensi kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Hal ini dia katakan di hadapan ulama yang dia undang di Istana Merdeka.

"Presiden mengatakan beliau sudah memerintahkan untuk diproses, dan Beliau tidak akan melakukan intervensi terhadap masalah ini," ujar Ketua MUI Ma'aruf Amin di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Menurut Ma'aruf, sejak awal isu soal dugaan penistaan agama itu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan politik dan Pilkada DKI Jakarta. Tapi, nyatanya hal isu itu malah melebar dan jadi tidak proporsional.

"Isu-isu yang menyangkut pernyataan Gubernur DKI di Pulau Seribu yang kemudian berkembang menjadi tidak menentu, yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan politik, pilkada , tapi kemudian dikait-kaitkan dengan berbagai masalah yang menjadi tidak proporsional lagi, bahkan sudah di luar konteks," kata Ma'ruf.

Untuk itu, lanjut dia, Jokowi dan para ulama sepakat jika kasus ini diselesaikan melalui jalur hukum.

"Karena itu semua kita sepakat supaya ini diproses secara terhormat, secara proporsional melalui proses hukum," tandas Ma'aruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini