Sukses

Ketua MUI Serukan Demo Damai, Tak Anarkis, Jangan Terprovokasi

Para ulama menyadari ada masalah yang sedang dihadapi. Namun unjuk rasa harus berdasar pada peraturan.

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan antara MUI, PBNU, dan Muhammadiyah dengan Presiden Jokowi membuahkan seruan dari para ulama. Agar demo 4 November mendatang berlangsung tertib.

"Karena nanti ada demo, kita sepakat negara tidak melarang demo. Kami menyerukan agar demo berdasar pada peraturan. Dilakukan santai, damai, tidak anarkis, tidak menimbbulkan kerusakan, dan jangan terprovokasi," ucap Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Ma'ruf menyadari ada masalah yang sedang dihadapi, yakni terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Kepulauan Seribu yang diduga menistakan agama.

"Pernyataan itu kemudian berkembang menjadi tidak menentu, berkembang di luar konteks," kata Ma'ruf.

Dalam pertemuan tadi, lanjut dia, disepakati agar hal itu diproses secara proporsional melalui proses hukum. Jokowi juga sudah memerintahkan untuk diproses.

"Presiden menyatakan tidak akan melakukan intervensi," ujar Ma'ruf.

Dalam menghadapi pilkada, sambung dia, para ulama sepakat dengan imbauan Jokowi supaya dilakukan dengan damai dan tidak ada konflik.

"Masing-masing calon siap untuk menang maupun kalah, sehingga tidak ada lagi konflik yang akan terjadi," pungkas Ma'ruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • PBNU

  • Muhammadiyah

Video Terkini