Sukses

Jokowi: Rivalitas Hanya Saat Pilpres, Setelah itu Bahu-Membahu

Sementara Prabowo mengatakan, dia selalu berharap agar pelaksanaan pesta demokrasi rakyat dilakukan dengan baik dan tenteram.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo siang tadi bertandang ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Pertemuan tersebut berlangsung santai. Bahkan usai pertemuan, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu menunggang kuda milik Prabowo. 

Selain untuk silaturahmi, banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Salah satunya soal pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi berpesan kepada masyarakat agar seluruh pihak tidak mudah terpancing dengan provokasi. Presiden juga meminta kepada para tokoh bangsa agar bersedia bersama-sama mendinginkan suasana jelang pilkada serentak ini.

Jokowi meminta, rivalitas yang ada tidak dipandang dan dijadikan bibit permusuhan yang dapat merusak bangsa di kemudian hari.

"Saya kira tadi kita di dalam sampai tertawa bareng-bareng. Rivalitas itu ada sampai pada saat pilpres. Itulah demokrasi. Tetapi setelah itu kita bersama bahu-membahu membangun negara dari segala sisi. Saya kira ini yang kita sampaikan. Mungkin nanti tahun 2019 bisa saja ada rivalitas lagi, tapi nanti bahu-membahu lagi," pesan Jokowi di Hambalang, Senin (31/10/2016).

Sementara Prabowo mengatakan, dia selalu berharap agar pelaksanaan pesta demokrasi rakyat dilakukan dengan baik dan tenteram. Ia juga berpesan agar mewaspadai setiap upaya yang dapat memecah belah bangsa.

"Kita harus jaga jangan sampai ada katakanlah unsur-unsur yang mau memecah belah bangsa. Itu yang sangat kita jaga. Kita negara yang majemuk. Kita negara banyak suku, banyak agama, banyak ras. Semua masalah kalau ada masalah marilah kita selesaikan dengan sejuk, dengan damai," terang Prabowo.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Adapun Presiden beserta rombongan diterima langsung oleh Prabowo Subianto dan  Wakil Ketua Umum Bidang Kaderisasi dan Informasi Partai Gerindra Sugiono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini