Sukses

Tanggul di Pacitan Jebol

Hujan lebat mengakibatkan tanggul di Pacitan, Jatim, jebol. Sementara banjir di Lumajang membuat jembatan yang masih dalam proses perbaikan menjadi rusak.

Liputan6.com, Pacitan: Hujan lebat mengakibatkan tanggul di Pacitan, Jawa Timur, Senin (15/2), jebol. Ini disebabkan derasnya arus Sungai Hadiliwuh yang tidak mampu ditahan tanggul. Sebagian badan tanggul tergerus hingga 200 meter dan membuat aliran sungai semakin melebar.

Lahan pertanian warga yang berada di pinggir sungai pun ikut rusak. Kondisi makin parah karena istansi terkait belum berupaya memperbaiki tanggul. Warga kini khawatir dengan curah hujan di kawasan tersebut. Kalau-kalau banjir akan merendam perumahan mereka yang berada di bantaran sungai.

Jembatan sepanjang 90 meter di Lumajang, juga rusak tergerus banjir. Derasnya air dari sungai dan air pasang dari Laut Selatan membuat jembatan yang masih belum selesai pengerjaannya menjadi ambruk. Akibatnya, warga Desa Bades dan Bago harus menggunakan jalur transportasi yang lama dengan jarak tempuh lebih jauh.

Menurut kontraktor proyek jembatan, kerusakan diakibatkan oleh faktor alam. Dengan demikian, pembangunan yang menggunakan anggaran program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaaan (PNPM) ini tidak akan dilanjutkan. Alasannya, anggaran sangat terbatas.(OMI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini