Sukses

Jokowi: Ayo Merapat ke Istana Malam Ini

Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk datang ke istana menyaksikan acara peringatan Sumpah Pemuda malam ini di Istana Kepresidenan.

Liputan6.com, Jakarta Istana Kepresidenan menggelar acara pagelaran seni dan budaya dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-88 malam ini. Tak hanya diikuti kalangan terbatas, acara itu juga dapat diikuti oleh seluruh masyarakat.

Sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat untuk datang ke Istana menyaksikan acara tersebut secara langsung.

"Malam ini, tepat pada pukul 19.30 WIB di halaman Istana Merdeka kita rayakan 88 tahun Hari Sumpah Pemuda dengan pagelaran seni dan budaya bertajuk 'Nusantara Berdendang'," ucap Jokowi melalui akun Facebooknya, Jumat (28/10/2016).

"Ayo yang punya kesempatan, silakan merapat ke Istana," ajak Jokowi.

Jokowi berharap momen peringatan Sumpah Pemuda dapat merekatkan jalinan persatuan masyarakat dan persatuan bangsa.

"Indonesia tak sekalipun pernah mengenal sekat-sekat yang dapat memecah belah. Lewat kebudayaan, peradaban Indonesia berkembang," tulis Jokowi.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, acara yang akan berlangsung pukul 19.30-33.00 WIB itu bertujuan untuk kembali mendekatkan masyarakat dengan Istana. Momen ini juga dianggap tepat agar mengingatkan komitmen bangsa terutama bagi generasi muda.

"Kenapa dalam bentuk seni budaya? Bapak Presiden Jokowi dulu pernah bilang bahwa Istana itu bukan hanya institusi politik, institusi kenegaraan, institusi administrasi pemerintahan semata. Lebih dari pada itu adalah tempat berkembangnya kebudayaan Indonesia dan pada gilirannya tempat berkembangnya peradaban Indonesia," jelas Djumala saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat pagi.

"Coba deh orang melihat satu negara itu ya melihat kerajaannya, istana raja. Orang melihat Amerika, pasti mau ke gedung putih. Begitu juga Indonesia. Jadi bagaimana membangun ruang budaya bagi publik di lingkungan istana. Ini cita-cita Pak Jokowi," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.