Sukses

Sebagian Besar Gedung Tua Bank Panin di Bintaro Akhirnya Roboh

Hanya tinggal bagian mahkota atau zona 1 yang masih berdiri kokoh.

Liputan6.com, Jakarta - Zona 2 dan 3 gedung tua Bank Panin yang berada di Sektor 7 Bintaro Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel), akhirnya roboh pada Jumat (28/10/2016). Hanya tinggal bagian mahkota atau zona 1 yang masih berdiri kokoh.

Ari Yudhanto selaku Project Manager PT Wahana Infonusa atau kontraktor yang bertanggung jawab atas proyek perobohan gedung tua Bank Panin mengungkapkan, zona 3 yang roboh terjadi pada Jumat dini hari atau sekitar pukul 02.48 WIB. Sementara zona 2 terjadi pada pekan lalu.

"Persiapannya sekitar 6 hari untuk penambahan beban karung pasir, dan robohnya hanya memakan waktu 8 detik," kata Ari.

Meski sudah berhasil, Ari mengatakan, untuk zona 3 ini memakan lebih banyak waktu bila dibandingkan dengan zona 2. Pada zona 3 gedung ini dipersiapkan pembebanan pada Sabtu 22 Oktober, sebab wilayahnya cukup luas dan kontraktor menginginkan untuk roboh sekaligus.

"Kami juga mempertimbangkan cuaca dan lingkungan sekitar, sebab zona 3 ini berhadapan langsung dengan permukiman warga Tegal Rotan, atau persis di belakang gedung ini," tutur Ari.

Ari juga menjelaskan, proses perobohan gedung tua Bintaro ini dilakukan dengan cara proses pelemahan struktur dengan non-explosive demolition agent pada tiga lantai di bawah lantai yang akan dirobohkan. Strategi pembebanan juga disiapkan agar dapat peruntuhan dapat dilakukan sekaligus.

"Peralatan pengukuran dan pemantauan visual juga disiapkan agar dapat memberikan waktu warning yang cukup sebelum terjadi peruntuhan," jelas Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini