Sukses

Kerajinan Kulit Lantung, Murah dan Beragam

Di Kota Bengkulu, kulit kayu atau kulit pohon bisa dijadikan kerajinan yang menghasilkan uang. Proses pembuatan cindera mata berbahan kulit kayu tidaklah sulit.

Liputan6.com, Bengkulu: Kulit kayu atau kulit pohon ternyata bisa dijadikan kerajinan yang menghasilkan uang. Di Kota Bengkulu, para perajin kulit kayu atau yang biasa disebut kulit lantung bisa meningkatkan kesejahteraan mereka dengan membuat kerajinan dari kulit pohon.

Proses pembuatan cindera mata berbahan kulit kayu tidaklah sulit. Pekerjaan dimulai dengan membuat pola sesuai bentuk yang diinginkan untuk kemudian permukaan kulit kayu dilem. Setelah berbentuk desain, agar lebih menarik tak lupa diberi hiasan beraneka warna, dan kerajinan kulit lantung siap dijual.

Sayang, para perajin kulit lantung mendapat kendala untuk dapat bersaing dengan kerajinan lain. Pertama, bahan baku kulit kayu diperoleh dari tempat yang cukup jauh dari Kota Bengkulu. Selain itu permodalan juga kurang meski pemda sudah membantu.

Kerajinan kulit lantung bisa berupa miniatur tabot, kotak tisu, bingkai bunga Raflesia, celengan, gantungan kunci, hingga tas. Harganya berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 150 ribu per buah.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini