Sukses

SBY Mengaku Hanya Dapat Salinan TPF Munir, Bukan Dokumen Asli

Salinan dinyatakan sesuai dengan aslinya setelah dikonfirmasi kepada mantan Ketua TPF Munir Marsudhi Hanafi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya angkat bicara soal dugaan kepemilikan hasil Tim Pencari Fakta (TPF) Munir. Dia memastikan, hanya memiliki salinan dokumen, bukan dokumen asli.

Hal itu ditegaskan mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi. Salinan itu juga didapat saat tim mengumpulkan data untuk menyusun jawaban atas tudingan yang selama ini berkembang.

"Ketika pihak kami sedang melakukan penelusuran atas keberadaan naskah laporan akhir TPF Munir, kami mendapatkan copy naskah laporan TPF tersebut," ujar Sudi di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10/2016).

Setelah mendapatkan salinan itu, tim kemudian menginformasikan kebenaran isi salinan itu. Salinan dinyatakan sesuai dengan aslinya setelah dikonfirmasi kepada mantan Ketua TPF Munir Marsudhi Hanafi dan mantan anggota TPF Rachland Nashidik.

Naskah ini nantinya akan diserahkan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara. Di sisi lain, pihaknya masih terus melakukan penelusuran terhadap keberadaan dokumen itu.

"Kami akan serahkan untuk digunakan sebagaimana mestinya," imbuh dia.

Sudi juga mengapresiasi langkah Jokowi untuk menelusuri dokumen tersebut. Sudi pun berharap para pejabat ataupun pimpinan lembaga negara di era SBY yang mengetahui keberadaan dokumen itu bisa diserahkan kepada Jokowi.

"Kami juga berharap jika para mantan anggota TPF Munir ada yang menyimpan dokumen itu, demi kebenaran dan keadilan, kami juga berharap bisa menyerahkan copy-nya kepada pemerintah Jokowi maupun mantan Presiden SBY agar terjaga otentikasinya," pungkas Sudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.