Sukses

4 Tabung PHD Bekasi Selesai Dievakuasi, Ada Dugaan Kelalaian?

Polisi sudah memeriksa 10 saksi, termasuk karyawan dan warga di sekitar PHD Bekasi.

Liputan6.com, Bekasi - Empat tabung gas berserta satu unit pipa regulator, yang diduga menjadi penyebab ledakan di Pizza Hut Delivery (PHD) Jalan Hankam, Kelurahan Jati Melati, Pondok Melati, Bekasi, akhirnya selesai dievakuasi.

Evakuasi yang dilakukan tim Puslabfor Mabes Polri berserta teknisi dari restauran cepat saji tersebut,  selesai pada pukul 14.15 WIB.

"Setelah dibuka dan dikosongkan, empat tabung itu telah dibawa dan rencananya akan diamankan ke Polsek," kata Kapolsek Pondok Gede Komisaris Sukadi di lokasi ledakan, Senin (24/10/2016).

"Sedangkan, selangnya (pipa regulator) yang menyambung ke tubung telah dibawa ke Puslabfor Mabes Polri, untuk penyelidikan lebih lanjut," sambung dia.

Dalam hasil pemeriksaan sementara, kata Sukadi, di antara keran pipa regulator ada yang terbuka, setelah restoran tutup berapa jam pada Minggu malam 24 Oktober 2016.

"Dari indentifikasi memang ada salah satu dari tabung gas dalam kondisi on, kebuka," jelas dia.

Unsur Kelalaian

Namun hingga kini, lanjut Sukadi, kepolisian belum dapat menetapkan tersangka terkait kemungkinan adanya unsur kesengajaan atau kelalian hingga menyebabkan ledakan hebat itu.

"Total ada 10 saksi yang diperiksa, termasuk karyawan dan warga di sekitar lokasi. Belum ada yang ditetapkan tersangka. Kalau unsur kesengajaan, tidak ada. Karena sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), seharusnya setelah selesai kerja, tabung itu harus ditutup. Hasilnya nanti setelah penyelidikan dari Puslabfor," papar dia.

Setelah proses indentifikasi tersebut, polisi hari ini akan mengeruk puing-puing sisa ledakan, yang menggunakan satu unit eksavator.

Sementara, Manajer Operasional PHD Kamaludin mengatakan pihaknya telah mendata dampak kerusakan pasca-ledakan. Termasuk para korban.

"Kita telah survei dan bertemu warga, semoga kita dapat memberikan solusi. Korban yang luka ada tiga di klinik, sudah boleh pulang. Sedangkan satu yang di RS Polri telah kita cover juga," kata dia di lokasi yang sama.

"Dan hari ini ada enam warga yang melapor juga menjadi korban, telah kita cover juga, meski belum ada hasil penyelidikan dari kepolisian. Kita juga masih menunggu hasilnya," tandas Kamaludin.

Ledakan diduga akibat tabung gas 50 kg terjadi di Pizza Hut Delivery (PHD) Jalan Hankam, RT 04 RW 05, Kelurahan Jatimelati, Pondok Melati, Bekasi, Minggu pagi 23 Oktober 2016. Ledakan ini menghancurkan restauran cepat saji itu dan beberapa rumah warga, serta minimarket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.