Sukses

Aktivis Lingkungan Bogor Bersihkan Sungai Ciliwung

Hanya dalam hitungan menit, puluhan kuintal sampah rumah tangga berhasil di kumpulkan.

Liputan6.com, Jakarta Komunitas peduli Ciliwung bersama mahasiswa di Bogor, Jawa Barat melakukan aksi pungut sampah di Sungai Ciliwung.

Hanya dalam hitungan menit, puluhan kuintal sampah rumah tangga seperti plastik, sterofoam, dan ranting pohon berhasil diangkut para aktivis pencinta lingkungan.

"Aksi ini tidak hanya sekedar bersih-bersih, kami juga ingin mengedukasi pada masyarakat agar sadar bahwa sungai bukan akhir dari pembuangan sampah," kata Mutiara, salah satu mahasiswi IPB Bogor, Minggu (23/10/2016).

Salah satu anggota komunitas peduli Ciliwung Alia menambahkan, banjir terjadi bukan hanya karena faktor alam seperti curah hujan dan tutupan lahan tapi juga akibat dampak dari perilaku manusia yang membuang sampah ke sungai.

"Sungai adalah sumber kehidupan bagi banyak orang. Karenanya, tidak boleh dicemari dengan sampah agar bisa memberi manfaat," kata Alia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.