Sukses

Kreasi Batu Laut Beromzet Jutaan Rupiah

Seniman pahat bernama Bagus Heri di Surabaya, Jatim, mengkreasikan batu laut menjadi ukiran artistik. Omzet yang diperolehnya dari usaha ini bisa mencapai puluhan jutaan rupiah.

Liputan6.com, Surabaya: Pernahkah terlintas di pikiran Anda kalau sebuah batu laut ternyata mempunyai nilai seni klasik yang tinggi. Dari tangan terampil seorang pengukir bernama Bagus Heri, batu laut bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah.

Lelaki yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur, ini semulan ingin menciptakan karya yang berbeda dengan seniman lain. Ia lantas berkunjung ke salah satu pantai di Lumajang untuk mengukir tulisan di atas batu laut. Sebelumnya, Bagus mengukir di atas batu sungai. Namun hasilnya tidak maksimal karena warnanya cenderung kecokelatan dan mudah pecah.

Sementara ukiran di batu laut dapat menghasilkan warna beragam. Jika menggunakan batu fosil akan mengeluarkan efek timbul pada ukiran. Berbagai tulisan kaligrafi dan huruf Cina pun bisa diukirnya. Apalagi huruf Cina kerap dipesan para pelanggan.

Ukiran karya Bagus makin berkesan karena setiap pelanggan akan memperoleh sertifikat pembelian batu ukir buatannya. Para pembeli biasa membeli batu ukir yang bisa dipajang di dinding, bisa diletakkan di meja, serta gantungan kunci. Harganya sendiri mulai Rp 15 ribu hingga jutaan rupiah. Tak heran kalau omzet Bagus bisa mencapai Rp 20 juta perbulan.

Lewat griya Empu Watu yang dirintis sejak 2006, Bagus memperkenalkan kerajinannya hingga ke luar negeri. Ini juga yang membuat kultur budaya Indonesia terkenal sampai di negeri orang. Mereka yang berminat dengan karya Bagus kebanyakan berasal dari Cina, Malaysia, dan Timur Tengah.(OMI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini