Sukses

Ucapkan Selamat Hari Santri, Presiden Jokowi Ingatkan Api Jihad

Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Santri Nasional saat membuka Pospenas 2016 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang.

Liputan6.com, Serang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Santri Nasional kepada empat juta santri yang tersebar di 28 ribu pondok pesantren (ponpes) di seluruh Tanah Air.

"Selamat merayakan Hari Santri yang pertama. Karena saya melihat hampir di seluruh daerah, di ponpes, semua santri merayakan Hari Santri pada hari ini," ucapJokowi dalam sambutan saat membuka Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2016 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten, Sabtu (22/10/2016).

Jokowi mengajak seluruh umat muslim untuk kembali meneguhkan semangat juang dan persatuan nasional, seperti yang telah dicontohkan KH Hasyim Asy'ari saat mengusir penjajah.

"Malam ini saya mengajak untuk menemukan kembali api semangat yang berkobar 71 tahun lalu, ketika KH Hasyim Asy'ari mengeluarkan resolusi jihad untuk para santrinya melawan penjajah," ujar Presiden Jokowi.

"Api jihad tersebut tak boleh padam, harus terus hidup di jiwa santri untuk melewati tantangan zaman menghadapi kebodohan, menghadapi ketimpangan sosial," Jokowi menambahkan.

 Presiden Jokowi membuka Pospenas ke-7 yang bertepatan dengan Hari Santri Nasional di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu (22/10/2016) malam. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Pospenas 2016 resmi dibuka oleh Presiden Jokowi. Gelaran olahraga dan seni khusus santri ini berlangsung sejak 22 Oktober hingga 28 Oktober 2016 di Provinsi Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini