Sukses

Jokowi Peringati Hari Santri di Banten Malam Ini

Jokowi juga akan membuka Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) ke-7 malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan memperingati Hari Santri Nasional di Stadion Maulana Yusuf, Cicere, Serang, Provinsi Banten. Ini merupakan peringatan pertama kalinya sejak Jokowi resmi mendeklarasikan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober.

Agenda harian Presiden dari Biro Pers Istana menyebutkan, Jokowi juga akan membuka Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) ke-7 di tempat yang sama, pukul 19.30 WIB, Sabtu (22/10/2016).

Sebelumnya, Jokowi dijadwalkan bersilaturahmi dengan Peserta Muktamar ke-9 Pengurus Besar Al-Khairiyah di Kampus Al-Khairiyah Jalan KH Enggus Arja Nomor 1, Citangkil, Cilegon, Provinsi Banten. Silaturahmi itu diagendakan berlangsung pukul 16.15 WIB.

Sebelumnya, pada 22 Oktober 2015, Presiden Jokowi mendeklarasikan Hari Santri Nasional. Penetapan Hari Santri dilakukan di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan disaksikan ribuan santri dari berbagai daerah, para alim ulama, dan pimpinan pondok pesantren dari berbagai daerah.

Pada awal sambutannya, Jokowi mengenang jasa para santri terdahulu yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal itulah yang menjadi dasar pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

‎"Sejarah mencatat, para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan tersebut," ucap Jokowi di lokasi, Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2015. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini