Sukses

Hari Santri Nasional, Warga Brebes Baca Selawat Nariyah 1 Miliar

Sebelum turun ke jalan, para santri terlebih dulu doa bersama mengucapkan syukur atas ditetapkannya 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Liputan6.com, Jakarta Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh hari ini, Sabtu (22/10/2016), diperingati dengan meriah di Brebes, Jawa Tengah. Para santri di seluruh pelosok desa hingga perkotaan, turun ke jalan mengikuti aneka kegiatan. 

Terlihat 1.200 santri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Brebes mengikuti bakti sosial di sekitar jalan pantai utara (pantura). Mereka memungut sampah dan menyapu jalan-jalan protokol di wilayah pantura Brebes. 

Sebelum turun ke jalan, para santri terlebih dulu doa bersama mengucapkan rasa syukur atas ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

"Kegiatan bakti sosial ini untuk menyambut Hari Santri Nasional. Kami ingin melakukan kegiatan yang berbeda, dengan menyapu dan memungut sampah di jalan pantura," ucap Kepala Sekolah MAN 1 Brebes, Tobari, di sela kegiatan. 

"Kami para guru dan siswa juga menggelar istigasah, melantunkan Selawat Nariyah sebanyak 14 ribu kali," dia menambahkan. 

Tidak hanya membersihkan jalanan, mereka juga membersihkan sarana ibadah, dan sarana pendidikan di jalan pantura Brebes.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Brebes Athoillah Syatori menyatakan, peringatan Hari Santri Nasional membuktikan kalau kaum santri tidak melulu mengurusi persoalan agama saja.

Akan tetapi, justru menyangkut kepentingan bela negara dan nasionalisme yang berlandaskan agama.

"Karena justru kelahiran Hari Santri Nasional telah mengingatkan kepada kita kalau para kiai dan santrinya menitahkan Resolusi Jihad sebagai embrio perebutan kembali NKRI pada 10 November 1945 dari penjajah yang ingin menguasai kembali Ibu Pertiwi," ucap Athoillah.

Semangat Hari Santri, kata dia, saat ini harus diejawantahkan dengan terus berjuang, belajar dengan semangat guna mengisi kemerdekaan.

Sementara Ketua Panitia Hari Santri Nasional Kabupaten Brebes H Musafa menjelaskan, PC NU Brebes yang menggawangi HSN akan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Antara lain Ikrar Santri Indonesia yang diikuti lebih dari 7 ribu santri dan pembacaan Selawat Nariyah 1 miliar di gedung PC NU Brebes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.