Sukses

Sejak 1926, Sudah Berapa Film Indonesia?

Hampir satu abad, perfilman Indonesia baru hasilkan 3 ribuan film.

Liputan6.com, Jakarta Perfilman di tanah air sudah dimulai sejak zaman penjajahan. Sejarah mencatat film pertama yang dibuat di tanah air pada 31 Desember 1926 dengan judul Loetoeng Kasaroeng karya sutradara asal Belanda, G. Kruger dan L. Heuveldorp. Namun, hari perfilman Indonesia tidak diperingati di tanggal tersebut, melainkan pada 30 Maret. Hal ini berkaitan dengan perilisan film Darah dan Doa karya Usmar Ismail pada 30 Maret 1950. Mengapa? 

Dikarenakan, dibanding dengan film pertama yang dibuat, film ini merupakan film Indonesia pertama yang secara resmi diproduksi oleh Indonesia sebagai sebuah negara (setelah berakhirnya Perang Kemerdekaan Indonesia). Film ini ialah produksi pertama Perusahaan Film Nasional Indonesia (Perfini).

Namun, jika melihat produksi film Indonesia terhitung sejak 1926 ternyata jumlah produksi film yang lahir di Indonesia baru mencapai angka 3 ribuan. Selengkapnya dapat dilihat dalam infografis di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.