Sukses

Seskab: Perpres Tim Sapu Bersih Pungli Diumumkan Besok

Menko Polhukam Wiranto sebagai pimpinan tim yang akan mengumumkan langsung perpres itu.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengumumkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum tugas dari Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli. Perpres itu akan diumumkan Jumat besok.

"Besok akan diumumkan mengenai kerjanya, mekanismenya, siapa yang ditunjuk untuk pelaksana di lapangannya, besok akan diumumkan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Tim Saber Pungli ini memang sudah lama dipersiapkan, tinggal menunggu perpres dari Presiden. Menko Polhukam Wiranto sebagai pimpinan tim yang akan mengumumkan langsung perpres itu. Tugas Menko Polhukam nantinya dibantu Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

"Tapi nanti akan ditunjuk ketua pelaksana. Ketua pelaksananya siapa biar nanti disampaikan Menko Polhukam. Tetapi secara infrastruktur dan sebagainya, sudah terselesaikan. Mudah-mudahan besok Menko Polhukam akan sampaikan kepada publik," imbuh dia.

Presiden Jokowi juga ingin pesan ini juga disampaikan dari gubernur kepada bupati dan wali kota untuk dilaksanakan di daerah masing-masing.

"Siapa pun yang berkaitan dengan pelayanan publik, tetapi juga harus ke dalam. Presiden juga ingatkan kepada kepolisian, kejaksaan, jangan main-main dengan persoalan ini. Karena ini cukup serius, sungguh-sungguh, akan dipantau secara langsung oleh Presiden," pungkas Pramono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.