Sukses

Kenang PPD, TransJakarta Luncurkan Bus Jadul

Ornamen bus dibuat mirip dengan bus Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) yang berjaya pada tahun 1920an.

Liputan6.com, Jakarta Selain meluncurkan bus lower deck untuk mempermudah penyandang disabilitas, PT TransJakarta juga meluncurkan dua bus seri vintage atau jaman dulu alias jadul.

Bus tersebut berkapasitas seperti bus TransJakarta lain namun ornamen bus dibuat mirip dengan bus Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) yang berjaya pada tahun 1920an. Badan bus pun bertuliskan "Vintage Bus".

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan, bus tersebut sengaja didesain untuk mengenang kejayaan bus Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD).

"Kita ingin mengenang peran PPD pada saat mereka masih bisa melayani penduduk Jakarta," ujar Budi saat dihubungi di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Kemarin, PT TransJakarta juga meluncurkan tiga bus lower deck yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Bus itu tidak tinggi seperti bus TransJakarta lain, melainkan sejajar dengan trotoar. Sehingga memudahkan pengguna kursi roda untuk naik bus.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersemangat dengan kedatangan tiga bus baru berwarna biru itu.

Pemprov DKI menargetkan pengadaan 300 unit bus lower deck pada 2017. Selain bus, PT TransJakarta juga mengeluarkan layanan baru khusus untuk warga penyandang disabilitas, yakni mobil yang dinamakan TransJakarta Cares untuk menjemput warga penyandang disabilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini