Sukses

Ahok Luncurkan Bus Transjakarta Ramah Difabel

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta meluncurkan bus lower deck yang ramah bagi penyandang disabilitas. Bus itu tidak tinggi seperti bus Transjakarta lain, melainkan sejajar dengan trotoar. Sehingga memudahkan pengguna kursi roda untuk naik bus.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersemangat dengan kedatangan tiga bus baru berwarna biru itu.

"Sekarang pengguna kursi roda tidak susah lagi karena busnya sudah bagus buat mereka," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Ahok pun berterima kasih terhadap perusahaan swasta yang telah menghibahkan tiga bus tersebut. "Termasuk bus jemputan untuk penyandang disabilitas, kalau naik taksi kan susah," kata mantan Bupati Bangka Belitung ini.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pada 2017, pengadaan 300 unit bus lower deck dapat terlaksana. Selain bus, PT Transjakarta juga mengeluarkan layanan baru khusus untuk warga penyandang disabilitas yakni mobil yang dinamakan Transjakarta Cares untuk menjemput warga penyandang disabilitas.

"Pak Gubernur sudah mengeluarkan pergub tentang layanan gratis ke beberapa kelompok masyarakat. Kami sebagai BUMD di bawah Pemprov, akan ikut program besar Pemprov. Makanya kami buat layanan itu," ujar Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono.

Pemprov DKI Jakarta luncurkan Bus Transjakarta difabel, Rabu (19/10/2016). (Delvira Chaerani Hutabarat/Liputan6.com)


Ia menjelaskan, untuk tahap ini, baru ada 5 unit mobil yang diresmikan. Satu mobil terdapat 1 pengemudi dan 1 petugas khusus yang sudah dilatih melayani penyandang disabilitas.

"Kami menargetkan untuk mengoperasikan 40 unit kendaraan (TJ Cares) dalam waktu dekat," ucap Ahok.

Saat ini, layanan Transjakarta Cares baru ada di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Untuk dapat menggunakan layanan tersebut, warga penyandang disabilitas bisa memesan melalui call center 1500 102 satu hari sebelumnya. Nantinya, mereka akan dijemput di rumah masing-masing dan diantar ke halte ramah disabilitas terdekat.

Saat ini, terdapat 10 halte yang memiliki JPO ramah kaum disabilitas salah satunya adalah Halte Monas. Budi mengatakan halte yang ramah kaum disabilitas akan diberi tanda warna hijau pada tiangnya.