Sukses

Top 3: Sanksi Berat untuk Ruhut Sitompul

Liputan6.com, Jakarta - Sikap politik Ruhut Sitompul yang seringkali berseberangan ‎dengan Partai Demokrat berbuntut panjang.

Komisi Pengawas (Komwas) Partai Demokrat akhirnya menjatuhkan sanksi berat untuk mantan jubirnya itu. Sanksi tersebut lantaran Ruhut dua kali mangkir dalam pemanggilan.

Kabar tentang sanksi berat yang akan diterima Ruhut Sitompul menjadi berita yang paling banyak menyita pembaca Liputan6.com, terutama di kanal news, pada Rabu (19/10/2016).

Berita lainnya yang tak kalah menarik Kapolda Metro menyindir gaya hidup Jessica Wongso dan pembelaan jaksa penuntut umum soal foto-foto sel tahanan Jessica yang nampak mewah dan sangat nyaman.

Berikut berita populer selengkapnya yang terangkum dalam Top 3 News:

1. Partai Demokrat Jatuhkan Sanksi Berat untuk Ruhut Sitompul

 Ruhut Sitompul  (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan, Komisi Pengawas (Komwas) partainya telah memberikan sanksi berat kepada Ruhut Sitompul lantaran dua kali mangkir dalam pemanggilan.

Namun, dia belum memastikan sanksi berat untuk Ruhut dari Komwas Demokrat, apakah itu berupa pemecatan sebagai kader Partai Demokrat atau yang lain.

"Kalau sanksi yang berat itu bisa pemecatan, penarikan dari anggota DPR, dan lain sebagainya. Pastinya beda dengan sanksi ringan kemarin yang hanya pencopotan dari jubir partai," ujar Agus.

Selengkapnya...

2. Soal Kondisi Sel Tahanan, Kapolda Metro Sindir Gaya Hidup Jessica

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muh Iriawan (tengah) memperlihatkan struktur organisasi saat rilis barang bukti hasil operasi tangkap tangan (OTT) di Kemenhub kemarin, Jakarta, Rabu (12/10). (Liputan6.com/ Herman Zakharia)

Kondisi ruang tahanan terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso kembali menjadi sorotan publik.

Dalam persidangan itu, ‎jaksa menyebut ruang tahanan Jessica di Mapolda Metro Jaya terbilang mewah. Jaksa juga memperlihatkan foto-foto Jessica yang tengah duduk di sofa yang nyaman.

Itu ruang konsul psikologi, bukan ruang tahanan. Di beberapa ruang tahanan atau sel memang ada fasilitas ruang konsul psikologi," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan di kantornya, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu bahkan menyindir keterangan Jessica yang menyebutkan kondisi sel tahanan di Mapolda Metro tak manusiawi. 

"Ya mungkin Jessica sering (tinggal) di hotel kali," kata Iwan.

Selengkapnya...

3. Polemik Tayangkan Foto Tahanan Jessica, Begini Pembelaan Jaksa

Dalam persidangan di PN Jakpus, Senin (17/10), jaksa menampilkan foto-foto ruangan di Polda Metro yang disebut ruang tahanan Jessica. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Jaksa penuntut umum (JPU) menampilkan slide foto ‎dalam persidangan ke-30 kasus kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, Senin 17 Oktober 2016.

Gambar yang ditampilkan memperlihatkan Jessica saat menjalani masa tahanan di Mapolda Metro Jaya dengan kondisi yang berbeda-beda. Terlihat Jessica sedang duduk santai di atas sofa di ruangan yang cukup nyaman.

"Kita tidak pernah mengklaim itu foto ruang tahanan terdakwa (Jessica). Makanya kita buat judul dalam foto itu 'Jessica selama menjadi tahanan di Polda Metro Jaya'. Jadi bisa foto saat menjalani pemeriksaan atau yang lain. Jangan disalahartikan," ujar Ardito di Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Dia mengklaim, foto-foto tersebut ditampilkan di persidangan dengan maksud agar publik tahu bahwa Jessica mendapat perlakuan baik dari penyidik selama diperiksa.

Selengkapnya...