Sukses

Payung Iriana untuk Jokowi di Hutan Kenangan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo turun dari mobil kepresidenan saat hujan deras. Dia langsung menuju Hutan Kenangan, Sulawesi Utara, pada Selasa, 18 Oktober 2016. Di hutan milik Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara itu, Jokowi menanam pohon.

Saat menanam pohon di bawah guyuran hujan deras ini, bukan ajudan yang memayungi Jokowi, melainkan Ibu Negara Iriana. Dengan mengenakan kemeja putih, Iriana mengangkat tinggi-tinggi payung itu agar suaminya tak basah diguyur hujan. Sementara Jokowi bersiap menanam pohon.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan berharap Jokowi bisa menjadi motivasi warga untuk terus menanam pohon.

"Ini bukan cuma kenang-kenangan, tetapi menjadi motivasi bagi warga dan pemerintah Minahasa Utara untuk terus menanam pohon," ujar Vonnie.

Hutan Kenangan ini sengaja dibuat untuk mewajibkan pejabat dan warga menanam pohon. Bahkan, bagi warga yang menikah di wilayah Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, selain melengkapi berkas persyaratan administratif, mereka juga wajib menanam pohon di Hutan Kenangan ini.

Syarat itu diterapkan sejak Minahasa Utara dipimpin Bupati Vonnie Panambunan. Meski bupati cantik ini sempat turun dari jabatannya karena menjalani hukuman penjara terkait kasus korupsi, persyaratan bagi pasangan ingin menikah itu tetap dijalankan pemerintahan berikutnya.

"Setiap pasangan yang ingin menikah di wilayah pemerintahan Minahasa Utara, wajib untuk menanam pohon. Lokasinya ada di Hutan Kenangan," ujar Vonnie.

Kabupaten Minahasa, kata Vonnie, merupakan wilayah konservasi. Wilayah itu merupakan sumber air bersih.

"Sehingga keseimbangan ekosistem harus kita jaga. Memelihara hutan dengan menanam pohon salah satu cara," kata dia.

Hutan Kenangan yang terletak persis di depan kantor Bupati Minahasa Utara itu luasnya sekitar 15 hektare. Berbagai jenis pohon maupun buah-buahan ditanam di sana. Dulu kawasan ini hanyalah perbukitan tandus yang ditumbuhi ilalang.

"Tercatat sudah ribuan pasangan menikah yang menanam pohon di Hutan Kenangan ini," tambah Vonnie.

Ribuan pohon yang ditanam itu tidak semuanya dari calon pengantin. Sejumlah pejabat dari pusat maupun daerah yang berkunjung ke Minahasa Utara juga diwajibkan ikut menanam pohon di Hutan Kenangan, termasuk Presiden Jokowi.

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Iriana Jokowi
  • Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi