Sukses

VIDEO: Jokowi Payungi Gubernur Papua

Kehadiran Jokowi ini untuk meresmikan enam infrastruktur kelistrikan di Papua dan Papua Barat.

Liputan6.com, Papua - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan percepatan pembangunan listrik di wilayah Papua. Uniknya saat tinjauan ke lapangan, Jokowi justru yang memayungi Gubernur Papua saat hujan turun.

Gerimis yang mengguyur saat meresmikan PLN Waena Sentani, Jayapura tak menyurutkan niat Presiden Jokowi untuk melihat dari dekat infrastruktur listrik ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (18/10/2016), nampak Jokowi enggan dipayungi sang ajudan. Bahkan di suatu kesempatan, Presiden justru memayungi Gubernur Papua Lukas Enembe.

Kehadiran Jokowi ini untuk meresmikan enam infrastruktur kelistrikan di Papua dan Papua Barat guna menunjang pemenuhan kebutuhan aliran listrik di 14 kabupaten di wilayah Papua dan Papua Barat.

Jokowi menegaskan target di 2019, kebutuhan listrik mencapai 240 mega watt untuk memenuhi kebutuhan listrik di 14 kabupaten.

"Nantinya elektrifikasi sudah di atas 90 persen. Artinya semua kecamatan sudah teraliri listrik. Memang yang paling sulit kalau kita lihat, contoh saja untuk pembangunan gardu atau transmisi. Medannya di sini sangat berat sekali," ungkap Jokowi.

Sementara PT PLN menargetkan untuk wilayah Papua dan Papua Barat akan terang seluruhnya pada 2020 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.