Sukses

Sosok Raja Bhumibol di Mata JK

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej. Ucapan itu disampaikannya dengan mendatangi kantor Kedutaan Besar Thailand.

JK memiliki kesan yang cukup mendalam tentang sosok raja yang dikenal sangat dekat dengan rakyatnya itu. Raja Bhumibol dikenal sangat tenang dalam menghadapi masalah.

"Orangnya sangat tenang, sangat baik," kata JK di Kantor Kedutaan Besar Thailand, Senin (17/10/2016).

JK menyampaikan ucapan bela sungkawa dengan menuliskan pesan melalui buku ucapan yang tersedia di sebuah ruangan khusus. JK duduk tepat di kursi yang terletak di depan foto Raja Bhumibol.

"Tadi itu saya datang atas nama pemerintah. Jadi saya juga menyampaikan ucapan duka cita semoga raja dilindungi oleh Tuhan dan juga seluruh rakyat Thailand," lanjut JK.

Bagi dia, sejarah perjalanan persahabatan Thailand dengan Indonesia sudah sangat panjang. Tak ayal, hubungan kedua negara sangat terjaga baik.

"Hubungan kita dengan Thailand kan panjang sekali sejarahnya. Kalau Anda lihat, di museum kan di situ ada patung gajah. This is From King Rama The Fifth. Jadi hubungannya panjang," imbuh JK.

Dia mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertolak ke Thailand dalam waktu dekat. Jokowi akan menyampaikan belasungkawa secara langsung ke keluarga kerajaan.

"Presiden akan kunjungan dalam minggu ini ke sana," pungkas JK.