Sukses

Sosok Minggu Ini: Perjuangan Bunda Lis Bangun Sekolah Gratis

Sekolah gratis Bunda Lis ini sudah 6 Tahun berdiri dengan beragam tantangan.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Pagi baru menjelang. Dengan penuh semangat, kaki-kaki mungil murid Euis Lisminarti Hapidin alias Bunda Lis menuju ke sekolah.

Saat tiba di sekolah, wajah-wajah lugu murid terlihat bahagia, meski sekolah mereka hanyalah sebuah gubuk kecil sederhana.

Terletak di Kampung Bulakan, Pondok Ranji, Tangerang Selatan, sekolah ini jauh dari kemewahan. Luasnya hanya 15 meter. Namanya Taman Belajar Indira. 

Bunda Iis adalah sosok yang membidani lahirnya sekolah gratis ini.

"Tidak semua anak di sini bisa mendapatkan hal tersebut di rumah, berhubung sebagian dari mereka juga harus membantu orangtuanya untuk bisa mencari nafkah,” Kata Bunda Lis.

Tak hanya di Kampung Bulakan, Taman Belajar Indira juga berdiri di Pondok Pucung, Pondok Aren.

6 tahun sudah sekolah ini berdiri dengan beragam tantangan, seperti banyak orangtua yang tak peduli pendidikan.

“Mungkin tantangan terbesar adalah selain daripada anak-anaknya yang mungkin sebagian sudah merasa nyaman mencari uang di jalan kemudian harus sekolah seperti itu, kemudian juga mungkin ada tantangan dari orangtua yang tidak mendukung anaknya untuk sekolah. Tapi seiring berjalannya waktu, akhirnya ada kerja sama antara kami dengan orangtua,” Jelas Bunda Lis.

Namun ketekunan dan kesabaran Lis pun berbuah manis. Warga kini lebih terbuka menerima gagasannya.

"Suka karena bisa belajar sambil bermain, misalnya ada PR aku ngerjain di sini bisa. Terus aku tadinya enggak bisa jadi tahu di sini. Terus aku juga banyak teman di sini bisa bermain, ketemu Bunda Lis, ketemu Bunda Lulu dan lain-lain," ujar Tutu Alawiyah, murid Taman Belajar Indira. Setelah ada Bunda Lis bisa basa dan bisa nulis juga dan Gambar," 

"Bunda Lis baik bisa menolong warga di sini juga, belum ada kalau dulu (yang belajar) kalau belum ada Bunda Lis," pungkas Yuli, orangtua murid.

Berkarya dan berguna bagi sesama. Itulah moto hidup ibu dua anak ini.

Semoga mereka juga ke depannya bisa lebih menghargai bahwa sebenarnya sekolah itu penting buat mereka, seperti itu," harap Bunda Lis pada muridnya.

Saksikan selengkapnya perjuangan Bunda Lis mendirikan sekolah gratis dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (16/10/2016), di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.