Sukses

PVMBG: Aktivitas Gunung Sinabung Masih Tinggi

Pada Sabtu dini hari, pukul 00.01 WIB, petugas mencatat Gunung Sinabung mengalami erupsi yang disertai dengan luncuran awan panas.

Liputan6.com, Medan - Aktvitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih tinggi berdasarkan pengamatan tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi yang bertugas di lokasi.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Sinabung Arif Cahya yang dihubungi Antara, Sabtu (15/10/2016) mengatakan, erupsi dan luncuran awan panas masih terus terjadi dari gunung tersebut.

Karena itu, status Awas tetap diberlakukan terhadap Gunung Sinabung, juga diberlakukan Zona Merah agar tidak membahayakan keselamatan warga.

Pada Sabtu dini hari, pukul 00.01 WIB, petugas mencatat Gunung Sinabung mengalami erupsi yang disertai dengan luncuran awan panas.

Namun, ketinggian kolom awan panas tersebut tidak terpantau karena gunung berapi tertutup kabut.

"Sekitar pukul 08.00 WIB tadi juga ada awan panas, tetapi tidak terpantau juga," ungkap Arif.

Disebabkan masih tingginya aktivitas Gunung Sinabung, PVMBG terus memberlakukan zona merah yang radiusnya disesuaikan dengan jangkauan awan panas.

Untuk sektor selatan tenggara, zona merah tersebut diberlakukan dalam radius 7 km. Sektor tenggara timur dengan radius 6 km. Sedangkan untuk timur utara, zona merahnya diberlakukan dengan jarak 4 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini