Sukses

SBY Terima Gelar Bapak Museum Indonesia

SBY mengaku bersyukur dengan penyematan gelar dari Asosiasi Museum Indonesia itu.

Liputan6.com, Jakarta Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, dinobatkan menjadi Bapak Museum Indonesia. Gelar itu disematkan Asosiasi Museum Indonesia saat SBY menghadiri acara lima tahun Museum Award, di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

SBY mengaku bersyukur dengan penyematan gelar tersebut. Dia juga mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan lainnya yang turut hadir di sana.

"Saya sangat berterima kasih atas perwujudan yang diberikan kepada saya, dan saya juga mengucapkan selamat kepada semua yang mendapatkan penghargaan. Karena sesama bus kota dilarang saling mendahului," tutur SBY saat memberi sambutan acara Museum Award di TMII, Jakarta Timur, Sabtu (15/10/2016).

Sambil bernostalgia SBY bercerita, sejak dulu dia bersama sang istri, Ani Yudhoyono, sangat mencintai museum. Mulai dari budaya hingga peninggalan warisan yang ada di Tanah Air.

"Ibu Ani dan saya sangat mencintai museum. Kami berdua sangat mencintai kebudayaan, maupun yang ada di dalam dan di luar negeri. Terutama yang ada di dalam negeri. Seperti melihat cermin saat melihat museum. Itu sebenarnya menghubungkan masa lalu, kini, dan masa depan," papar dia.

Menurut SBY, museum merupakan bentuk penggambaran budaya pada masa lalu, yang ditampilkan dengan mengajak orang masa sekarang. Tujuannya agar bisa melihat sebuah rekam jejak sebagai bagian dari kemajuan bangsa.

"Hanya peradaban tinggilah yang tingkat per kapitanya tinggi yang pandai merawat museum. Saya rasa enggak perlu seperti itu. Kita tidak perlu menunggu. Atau sampai menunggu 15 tahun itu tidak harus. Mulai sekarang pun mari kita lakukan dengan tidak hanya mencintai dan memberikan apresiasi, tapi kita harus menampilkan museum sebagai bentuk kecintaan," imbau dia.

Selain itu, SBY juga optimis Indonesia bakal lebih mengembangkan bentuk kecintaan untuk merawat museum. "Untuk terus mencintai bangsanya, kita sebagai masyarakat harus lebih beradab dalam menjaga. Dan akhirnya museum dapat dicintai rakyatnya sendiri," sambung dia.

Sementara, Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia Putu Supadma Rudana mengatakan, penobatan SBY sebagai Bapak Museum Indonesia berdasarkan kontribusi serta dedikasinya terhadap museum, selama ia menjabat presiden.

"Bapak Susilo Bambang Yudhoyono itu kita berikan penobatan dari Asosiasi Pencinta Museum Indonesia, atas dedikasi serta kontribusi saat dirinya memerintah. Dan pada saat itu juga ada gerakan nasional mencintai museum. Maka dari itu, Beliau dinobatkan menjadi Bapak Museum," ujar Putu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini