Sukses

Turut Berduka, Wakil Ketua DPR Sebut Raja Thailand Sosok Merakyat

Taufik mengaku mengenal Raja Bhumibol sebagai raja yang hidup sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan turut berduka cita atas meninggalnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Taufik mengaku mengenal Raja Bhumibol sebagai raja yang hidup sederhana, merakyat dengan kepribadian yang bersahaja sehingga sangat wajar jika sangat dicintai rakyatnya.

Menurut dia, selama 70 tahun memimpin kerajaan Thailand sejak naik tahta pada 9 Juni 1946, tentu sudah banyak peristiwa politik yang dialami oleh Raja Bhumibol, termasuk peristiwa kudeta militer yang terjadi sebanyak 17 kali di Thailand.

"Menjaga rakyat, bangsa dan negara Thailand, serta tetap menjaga hubungan bilateral dan multilateral dengan negara khususnya Indonesia. Yang paling saya ingat adalah kudeta terhadap PM Thaksin Shinawatra (2006) dan PM Yingluck Shinawatra (2014)," kata Taufik saat dihubungi, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016.

Beberapa tahun terakhir ini, Taufik mendengar jika kondisi kesehatan raja memang terus menurun.

"Namun semangat untuk menjaga rakyat, bangsa dan negara tetap bergelora hingga akhir hayatnya, Itu yang harus kita contoh dan teladani," ujar dia.

Taufik menuturkan, karena ketokohan Raja Bhumibol yang sangat dikagumi dan dihormati oleh rakyat, mampu menyatukan kembali kekuatan politik negaranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.