Sukses

Musim Hujan, Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi Rawan Bencana

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Jakarta bersiap menghadapi musim rawan bencana tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan mulai berlangsung. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta pun bersiap menghadapi musim rawan bencana tersebut. Ada 65 titik rawan banjir dan longsor yang mayoritas berada di lintas Bogor-Sukabumi, Jawa Barat.

"Kami siapkan 42 personel yang berjaga 24 jam penuh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Senior Manager PT KAI Daop I Jakarta, Sapto Hartoyo, dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Menurut dia, 65 titik daerah rawan bencana itu berada di jalur Rangkasbitung–Serang sebanyak 3 titik, Manggarai-Bogor 5 titik, Bogor–Sukabumi sejumlah 57 titik.

Selain menempatkan personel untuk menjaga daerah rawan tersebut, PT KAI Daop I Jakarta menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di setiap resor.

Beberapa personel dan AMUS itu juga dipusatkan di lima titik stasiun kereta api, yakni Rangkasbitung, Manggarai, Cikampek, Jatinegara, Sukabumi, Tanah Abang.

"Untuk operasional di stasiun, antisipasi dilakukan dengan lebih mengetatkan pengawasan terhadap perjalanan KA, dengan Kepala Stasiun sebagai koordinatornya," Sapto menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.