Sukses

Cerita JK di Balik Detik-Detik Pelantikan Menteri ESDM

Liputan6.com, Makassar - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tidak hadir dalam acara pelantikan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wakilnya Arcandra Tahar di Istana Negara, Jakarta. JK tengah melakukan kunjungan kerja di Makassar, Sulawesi Selatan.

Meski begitu, JK mengaku dilibatkan saat Presiden Jokowi memilih Jonan dan Arcandra. Bagaimana cerita di balik proses pengisian kursi kosong Menteri ESDM?

"(Dapat kabar) setelah diputuskan, karena memang pukul 10.00 (WIB) baru diputuskan. Tadi (Presiden Jokowi) baru teleponan sama saya," ujar JK di Makassar, Jumat (14/10/2016).

JK menyatakan, sebelum memutuskan memilih Jonan dan Arcandra sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM, Jokowi telah melakukan pembicaraan dengannya. Namun, dalam pembicaraan itu tidak menyangkut nama.

"(Hanya bicara) orang yang punya leadership dan bisa menghadapi tantangan. Kita berbicara syarat, kita harus punya prinsip dari nonpartai, supaya tidak ada konflik kepentingan," jelas JK.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengungkapkan, setelah diputuskan akan dilantik sebagai Menteri ESDM, Jonan langsung menghadap Jokowi.

"Dia (Jonan) baru ketemu Presiden hari ini. Dia memang seperti yang dikatakan tadi, tegas, memang harus belajar banyak soal kinerja di ESDM. Harus belajar banyak soal energi," beber JK.