Sukses

Risma dan Emil Jadi Pembicara di Kongres Kepala Daerah Sedunia

Kongres itu akan digelar di Bogota, Kolombia.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak akan menjadi pembicara dalam kongres Kepala Daerah Sedunia yang digelar di Bogota, Kolombia.

"Kebetulan kami diberi kepercayaan menjadi pembicara dalam forum bertema driving bottom up national development policy dialogue," kata Emil seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2016).

Emil yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemkab Seluruh Indonesia (Apkasi) menjelaskan, sehari sebelumnya, dia terpilih mewakili Asia-Pasifik dalam sebuah kegiatan bernama "urban governance survey" pada 12 Oktober 2016.

Kegiatan itu diadakan oleh London School of Economics, United Nations (UN) Habitat, dan United Cities and Local Government (UCLG) Committee on Decentralization and Local Self-Government, serta MacArthur Foundation.

Selain Emil, tampil sebagai pembicara dalam forum development policy dialoque antara lain Menteri Otonomi Bolivia Hugo Siles, Wali Kota Libreville Gabon Ossouka Raponda dan perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Kolombia Simon Gaviria Manoz.

Selanjutnya, Komisi Eropa Rosario Bento Pais dan Komisioner Kerja Sama Internasional Barcelona Josep Lluis Alays Rodriguez.

"Kesempatan ini akan kami pergunakan untuk memperjuangkan konsep pembangunan bottom-up di Indonesia, di mana arah pembangunan nasional harus diimbangi dengan pengembangan daerah perkotaan," ujar Emil.

Dia menuturkan tema yang akan dia bahas khususnya termasuk otonomi keuangan daerah dan peran serta masyarakat dalam pengambilan kebijakan daerah. Kemudian distribusi sektoral dari kekuatan politik daerah, dan tantangan menuju pembangunan daerah berkelanjutan.

Ia mengatakan, sesi tersebut dimoderatori oleh Kepala Unit Pemerintahan Daerah se-dunia atau UN Habitat, Diana Lopez.

"Pembicara yang hadir pada UCLG World Congress dari Indonesia adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang menjadi tuan rumah pertemuan Preparatory Committee Habitat-3, serta Deputi Gubernur DKI Jakarta Oswar Mungkasa selaku tuan rumah sekretariat UCLG Asia Pacific," ujar Emil.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini