Sukses

Bamsoet Dorong Polri Lakukan Operasi Pungli di Layanan Publik

Sebab, kata Bamsoet, pungli ini sangat merugikan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menilai Polri patut mendapat apresiasi atas gebrakan operasi pemberantasan pungli (OPP). Hal itu sejalan dengan upaya revitalisasi hukum yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita berharap OPP tidak untuk sekedar pencitraan dan upaya pengalihan isu," kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini meminta Polri terus menggelar OPP, untuk memberantas penyakit menahun, pungutan liar di sentra pelayanan publik. Sebab, aksi ini sangat merugikan masyarakat.

"Kalau di KPK ada OTT yang telah menjadi trade mark-nya sebagai upaya pemberantasan kejahatan extra ordinary," ujar Bamsoet.

Politikus Partai Golkar ini menuturkan pemberantasan pungli dan revitalisasi yang sedang digodok di istana itu harus memprioritaskan perbaikan kualitas penegakan hukum.

Ibarat bangunan, lanjut dia, penegakan hukum di Indonesia sudah mengalami kerusakan sangat parah.

"Demikian parahnya sehingga berbagai kalangan melukiskan situasi saat ini sebagai darurat penegakan hukum," tutur Bamsoet.

Menurut dia, Jokowi harus menyerap aspirasi masyarakat. Sudah sangat jelas masyarakat sangat kecewa dengan kualitas penegakan hukum saat ini.

"Artinya, Presiden perlu memprioritaskan kebijakan yang mengarah pada upaya perbaikan kualitas penegakan hukum," tandas Bamsoet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini