Sukses

Buruh PT Central Windu Sejati Kembali Demo

Ratusan buruh PT Central Windu Sejati kembali berunjuk rasa. Buruh meminta Dinsosnaker Kabupaten Sidoarjo, Jatim, memfasilitasi mereka dalam menyampaikan tuntutan ke pihak manajemen.

Liputan6.com, Sidoarjo: Ratusan buruh PT Central Windu Sejati berunjuk rasa di depan kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja  (Dinsosnaker) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (4/2) siang. Para buruh meminta Dinsosnaker memfasilitasi mereka dalam menyampaikan tuntutan ke pihak manajemen pabrik pengepakan udang itu.

Tuntutan para buruh adalah menolak kebijakan kerja sistem kontrak yang diterapkan perusahaan. Sebab. banyak di antara buruh sudah bekerja cukup lama antara lima hingga sepuluh tahun. Selain itu, mereka menuntut pihak manajemen segera membayar uang lembur selama beberapa bulan. Pasalnya. selama bekerja ternyata belum semua uang lemburan dibayarkan pihak perusahaan.

Tidak itu saja, buruh juga mendesak perusahaan segera menerapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2010 sebesar Rp 1.005.000 per bulan. Sebab, selama ini perusahaan masih menerapkan UMK 2009 sebesar Rp 950 ribu per bulan. Aksi buruh ini berjalan tertib di bawah pengawalan aparat Kepolisian Resor Sidoarjo.

Aksi buruh PT Centra Windu Sejati ini merupakan yang kesekian kali. Akhir Januari lalu, unjuk rasa serupa digelar di depan pabrik di kawasan industri Berbek, Sidoarjo. Saat itu, unjuk rasa berlangsung ricuh. Pengunjuk rasa yang diduga provokator ditangkap. Tindakan represif ini diprotes buruh. Namun justru buruh yang protes ikut ditangkap. Lima buruh, termasuk buruh perempuan, digiring polisi [baca: Demo Buruh di Sidorajo Berakhir Ricuh].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini