Sukses

Kemensos Data Mantan dan Pengikut Dimas Kanjeng

Kemensos ingin memastikan para mantan pengikut dan pengikut Dimas Kanjeng aman serta tercukupi kebutuhan dasar selama di pengungsian.

Liputan6.com, Jakarta - Tim dari Kementerian Sosial (Kemensos) masih mendata pengikut Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, untuk proses pemulangan mereka ke daerah asal masing-masing.

"Hingga kini dua tim yang masih berada di lokasi dan aktif mendata para mantan dan pengikut Padepokan," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, seperti dikutip dari Antara Minggu (9/10/2016).

Kemensos akan membantu pengikut Padepokan Dimas Kanjeng pulang ke kampung asal mereka. Pengikut yang berasal dari Pulau Jawa akan diantar menggunakan bus Damri sementara mereka yang berasal dari luar Jawa akan diangkut menggunakan Kapal Pelni sampai ke daerahnya.

Khofifah mengatakan kementerian bermitra dengan Damri dan Pelni untuk penanganan berbagai masalah sosial, termasuk pemulangan tenaga kerja Indonesia yang bermasalah.

"Jadi kerja sama ini sebenarnya sudah lama untuk mengangkut para TKI bermasalah yang dipulangkan," kata Khofifah.

Kemensos juga menerjunkan tim pemulihan trauma dan konseling serta memberikan bantuan hidup Rp900 ribu per orang kepada mantan pengikut maupun pengikut Padepokan Dimas Kanjeng yang mengungsi di beberapa tempat.

Kementerian Sosial ingin memastikan para mantan pengikut dan pengikut Padepokan aman serta tercukupi kebutuhan dasar mereka selama berada di tempat pengungsian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini