Sukses

Agum Gumelar: Kongres PSSI Sukses, Sepak Bola Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta - Para kandidat bakal bertarung memperebutkan "kursi panas" Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2016-2020. Pertarungan menjadi nomor satu di PSSI menggantikan La Nyalla itu akan berlangsung pada 17 Oktober saat digelar Kongres di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Bersamaan dengan pemilihan ketua umum dan wakil ketua umum PSSI, nantinya juga akan dihelat pemilihan anggota komite eksekutif. Adapun mereka yang lolos menjadi calon ketua umum (caketum) PSSI adalah Benhard Limbong, Djohar Arifin Husin, Eddy Rumpoko, Edy Rahmayadi, Erwin Aksa, Sarman El Hakim, Kurniawan Dwi Yulianto, Moeldoko, dan Tony Apriliani.

Dua pekan jelang kongres pemilihan, para kandidat ketua umum PSSI menyampaikan visi-misi di depan publik untuk pertama kali setelah lolos verifikasi. Total enam kandidat yang hadir dalam debat yang digelar Wartawan PSSI Pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Oktober lalu.

Agum Gumelar selaku Ketua Komite Pemilihan PSSI pun mengapresiasi debat terbuka tersebut. "Saya melihat ada perkembangan positif kepada para calon ini diberikan peluang dan kesempatan untuk bisa menyampaikan visi dan misinya secara terbuka kepada masyarakat."

"Tapi perlu saya ingatkan bahwa yang menjadi voters bukan masyarakat, masyarakat tidak punya hak untuk memilih atau memberikan pilihan," ucap Agum saat berbincang dengan Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Namun terkait kongres pemilihan mendatang, Agum yang juga menjabat Dewan Kehormatan PSSI mengatakan, animo masyarakat pencinta bola di Tanah Air sangat besar.

"Harapan masyarakat, supaya kongres (PSSI) ini berjalan dengan sukses dan lancar. Supaya kongres ini dapat menghasilkan kepengurusan PSSI yang lebih baik dari sekarang yang bisa membawa sepak bola Indonesia lebih maju ke depan," tutur Agum yang pernah menjabat Ketua Umum PSSI periode 1999-2003 dan Ketua Komite Normalisasi PSSI tahun 2011.

Lalu, apa pesan khusus untuk voters yang akan memberikan suaranya pada Kongres PSSI nanti? Bagaimana pula sosok ideal Ketua Umum PSSI menurut jenderal purnawirawan TNI tersebut? Simak selengkapnya wawancara khusus Liputan6.com dengan Agum Gumelar berikut ini.