Sukses

Makna Kehadiran Jokowi pada Latihan TNI AU di Natuna

Presiden Joko Widodo akan terbang ke Perairan Natuna untuk menyaksikan langsung puncak latihan TNI AU Angkasa Yudha pagi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan terbang ke Perairan Natuna untuk menyaksikan langsung puncak latihan TNI AU Angkasa Yudha pagi ini. Kedatangan Jokowi tersebut bukan tanpa makna.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan banyak pertanyaan timbul saat Jokowi tidak hadir dalam upacara puncak HUT ke-71 TNI. Rupanya, perayaan HUT TNI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Memang rangkaian HUT TNI sekarang ini berbeda dan hari ini. Sesuai dengan pembicaraan Panglima TNI dan Presiden, Presiden akan hadir dalam rangkaian yang di luar daerah," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2016.

Natuna kemudian dipilih sebagai lokasi puncak latihan TNI AU. Jokowi akan menyaksikan langsung air show yang ditampilkan prajurit terbaik TNI AU dengan segala alutsista yang dimiliki.

"Rangkaian itu adalah air show dan sebagainya untuk menunjukkan Indonesia sebagai negara besar, negara maritim, negara kepulauan juga memiliki angkatan udara yang kuat. Jadi dengan demikian, setiap acara seperti itu ada temanya, bukan hanya formalitas," jelas Politikus PDIP itu.

Belakangan, Jokowi memang hadir dan ikut menyaksikan langsung latihan prajurit TNI. Sebelumnya, Jokowi hadir dalam latihan perang TNI AL di Situbondo, Jawa Timur.

"Ya semua enggak ada apa-apa. Memang Presiden sebagai panglima tertinggi juga harus secara langsung mengetahui perkembangan kekuatan masing-masing angkatan; darat, laut, dan udara, nanti sama aja. Enggak ada yang spesial," pungkas mantan Wakil Ketua DPR itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini