Sukses

Irjen Lutfi Kabaintelkam, Ajudan Jokowi Jadi Kapolda Banten

Kombes Listyo Sigid Prabowo sebelumnya adalah Ajudan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Gerbong mutasi Polri kembali bergerak. Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Noer Ali yang menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) akan digantikan wakilnya, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Lutfi Lubihanto. Jenderal bintang dua ini disebut-sebut dekat dengan Presiden Jokowi karena pernah bertugas bersama saat menjadi Kapolres Surakarta.

Rotasi kepemimpinan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri ‎ ST/2434/X/2016, tertanggal 5 Oktober 2016, yang diperoleh Liputan6.com, Rabu (5/10/2016) malam.

Dalam surat tersebut, Komjen Pol Noer Ali akan memasuki masa pensiun. Sementara posisi Irjen Pol Lutfi yang akan menggantikannya akan diisi oleh Irjen Pol Setyo Wasisto. Setyo pernah menjabat Direktur Keamanan Negara dan Ses NCB Interpol. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Divisi Hukum Polri.

Posisi Kadivkum selanjutnya diisi oleh Brigjen Pol Raja Erizman. Jenderal bintang satu ini pernah tersandung kasus bekas pegawai pajak Gayus Tambunan dan terbukti melanggar etika profesi penyidik. Saat itu dia menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Posisi Kapolda Lampung yang ditempati Brigjen Ike Edwin selanjutnya ditempati Brigjen Sudjarno yang menjabat Karobinopsnal Baharkam Polri.

Tongkat Kapolda Sumut yang dipegang Irjen Pol Budi Winarso akan diserahkan kepada Irjen Pol Rycko Amelza yang kini menjabat Ketua STIK Lemdikpol Polri. Sementara Budi Winarso akan menempati posisi baru di Widyaiswara Sespim Polri.

Sementara posisi Kapolda Banten yang dijabat Brigjen Ahmad Dofiri diserahkan kepada Kombes Listyo Pol Sigid Prabowo yang sebelumnya ajudan Presiden Jokowi. Sementara Dofiri akan menempati posisi Karosuhlukum Polri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.