Sukses

Ahok: Kita Perbanyak Bus Bagus Biar Kopaja Bangkrut Sendiri

Ahok mengatakan, bus yang akan dibeli memiliki rangka lower deck. Total dari 300 bus, 150 merek Scania dan sisanya dari merek lain.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera merealisasikan pembelian 300 bus TransJakarta yang baru demi memenuhi transportasi publik di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, bus yang akan dibeli memiliki rangka lower deck. Total dari 300 bus, 150 merek Scania dan sisanya dari merek lain.

"Kita mau beli 300 bus lagi, 150 merek Scania, 150 sisanya bakal dicampur merek lain," ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/10/2016).

Untuk menyiapkan hal itu, Pemprov pun menyiapkan dana sebanyak Rp 2,5 triliun. Dana itu berasal dari Penyertaan Modal Pemerintah PT TransJakarta, di mana taksiran harga satu bus lower deck sendiri senilai Rp 2 miliar.

"Kita perbanyak bus yang bagus, supaya Kopaja nanti bangkrut sendiri. Jadi warga lebih terlayani," ucap Ahok.

Sementara itu, Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono memastikan pembelian pertama bus akan dilakukan pada minggu kedua bulan Desember 2016. Pembelian selanjutnya akan dilakukan secara bertahap sampai bulan Juni 2017.

"Kita akan beli bertahap, enggak bisa langsung semua. Bertahap sampai bulan Juni sesuai kebutuhan saja dulu," tandas Budi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.