Sukses

VIDEO: Perseteruan Ahok dan Sandiaga soal Harta

Tiga pasangan calon terus mengejar popularitas. Tak jarang mereka kerap berbeda pendapat. Seperti Ahok dan Sandiaga Uno.

Liputan6.com, Jakarta - Pilkada DKI Jakarta 2017 masih lima bulan lagi. Namun tiga pasangan calon terus mengejar popularitas. Tak jarang mereka justru kerap berbeda pendapat. Seperti Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Sandiaga misalnya. Mereka beberapa kali terlibat perdebatan.

Dimulai dari soal harta di luar negeri.

"Semua harta saya itu nggak ada yang disembunyikan ke luar negeri. Bedalah dengan Sandiaga yang kaya ngumpetin di luar negeri kan," ungkap Ahok, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (3/10/2016).

"97 persen daripada nilai harta dan kekayaan saya itu ada di Indonesia. Jadi itu menunjukkan tudingan-tudingan penyimpanan aset di luar negeri itu bisa saya bantah dengan data-data yang sekarang sudah di KPK," kata Sandiaga.

Selain soal harta di luar negeri, perdebatan juga terjadi hingga tantangan pembuktian harta terbalik.

"Pak Sandy nantang saya itu nggak apel ke apel, tau nggak. Nggak kaya buah apel ditantang buah apel. Di dalam pembuktian terbalik itu buat pejabat di situ ada laporan LHKPN. Maka KPK periksa saya. Uang dari mana sejak tahun 1999. Untuk orang biasa yang tidak membuktikan pajak yang dia bayar dengan gaya hidupnya, disitulah pemerintah mengeluarkan tax amnesty. Dalam hal ini Pak Sandiaga ikut. Berarti itu membuktikan Pak Sandiaga itu dulu ngemplang pajak, nggak bayar pajak, gitu," ujar Ahok.

Sebelumnya Sandiaga Uno pun menantang Ahok dengan memintanya beserta keluarganya untuk melakukan pembuktian harta terbalik.

"Saya mengajak beliau (Ahok) dan keluarganya juga. Karena mungkin keluarga beliau diuntungkan dengan kebijakan Pak Ahok itu membuka semuanya dan membuktikan harta terbalik," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.