Sukses

Titiek Soeharto dan Puan Maharani Akrab Ikuti Kirab Malam 1 Suro

Kedua tokoh ikut kirab pusaka mengelilingi tembok Pura Mangkunegara sepanjang 1,5 kilometer selama 45 menit.

Liputan6.com, Solo - Memperingati malam tahun baru Jawa, Istana Pura Mangkunegaran menggelar kirab malam 1 Suro pada Minggu malam. Selain diikuti kerabat dan abdi dalem, kirab pusaka tersebut juga diikuti putri Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, dan putri mendiang Presiden Soeharto, Siti Hediati Hariyadi atau yang dikenal Titiek Soeharto.

Pantauan Liputan6.com, Minggu malam (2/10/2016), hujan yang mengguyur Kota Solo sejak siang hingga malam hari menyebabkan kirab malam 1 Suro yang biasanya digelar usai Magrib, molor menjadi pukul 19.30 WIB sembari menunggu hujan reda.

Sebelum kirab dimulai dilakukan prosesi upacara yang dipimpin langsung KGPAA Mangkunegara IX. Dalam prosesi tersebut terlihat salah satu putri mendiang Presiden Soeharto, Titik Soeharto dan putri Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani hadir di istana Pura Mangkunegaran.

Setelah iring-iringan kirab pusaka dilepas, Puan Maharani dan Titik Soeharto terlihat berada di barisan depan bersama dengan keluarga dan kerabat Pura Mangkunegaran. Bahkan, mereka juga ikut kirab pusaka mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran sepanjang 1,5 kilometer selama 45 menit.

Setelah selesai kirab, selanjutnya para kerabat dan tamu undangan langsung duduk di paringgitan Pura Mangkunegaran. Bahkan, dalam kesempatan ini kedua keluarga presiden yang selama ini cenderung berseberangan pun duduk berdampingan di barisan kursi depan.

Mereka berdua juga terlihat akrab ngobrol dan tertawa. Tak pelak, kehadiran perwakilan dua keluarga presiden menjadi daya tarik para tamu untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Selain Titiek Soeharto dan Puan Maharani, tamu VIP yang hadir dan ikut dalam malam kirab pusaka tersebut adalah anggota DPR RI Aria Bima, Bambang Wuryanto dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono.

Menurut perwakilan keluarga Pura Mangkunegaran, GRM Paundrakarna, peringatan malam tahun baru Jawa dilakukan dengan menggelar kirab pusaka mengelilingi tembok istana. "Untuk peringatan malam 1 Syuro kali ini, jumlah pusaka yang dikirab ada 7 buah tombak," kata dia.

Lebih lanjut dia menyebutkan, pada peringatan malam 1 Suro ini dihadiri sejumlah tamu istimewa seperti Titiek Soeharto dan Puan Maharani. Bahkan, pihaknya mengaku kaget dengan kehadiran dua tamu penting tersebut.

"Surprise saja, karena Ibu Puan dan Ibu Titiek rawuh dalam acara kirab malam 1 Suro di Mangkunegara," tegas GRM Paundrakarna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini