Sukses

JK Berikan Parmusi Award pada 17 Tokoh Islam Nusantara

Mereka adalah orang-orang yang berkontribusi besar dalam pergerakan Parmusi sejak pertama berdiri.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Award, kepada 17 tokoh Islam. Mereka adalah orang-orang yang berkontribusi besar dalam pergerakan Parmusi sejak pertama berdiri.

Mereka adalah Kasman Singodimedjo, Buya Hamka, Muhammad Roem, Mohammad Natsir, Prawoto Mangkusasmito, Sjafruddin Prawiranegara, Djarnawi Hadikusuma, Hasan Basri, Mohammad Syafaat Mintaredja, Anwar Harjono, Engkin Zaenal Muttaqin, Ismail Hasan Metareum, Faisal Baasir, Mohammad Husni Thamrin, Marzuki Yatim, dan Sri Redjeki.

Tidak semua keluarga para tokoh tersebut dapat menghadiri penghargaan tersebut. Hanya ada tujuh keluarga yang datang dan mewakili penerimaan penghargaan itu dari JK.

"Indonesia ini negara dengan muslim terbesar di dunia. Kita harus bangga itu. Masyarakat Indonesia harus menjaga Indonesia dengan nilai-nilai Islam yang sudah diperjuangkan," tutur JK dalam acara Milad ke-17 Parmusi dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu malam 1 Oktober 2016.

Sementara, Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam menuturkan, Parmusi Award merupakan wujud penghormatan terhadap perjuangan tokoh Islam. Menurut dia, umat Islam harus mampu membangun tradisi tersebut.

"Kami memberikan penghargaan ini karena mereka telah konsisten menjaga keutuhan Islam," kata Usamah.

Milad ke-17 Parmusi dan Mukernas II itu dihadiri sejumlah tokoh politik, di antaranya Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Dewan Kehormatan DPD DKI AM Fatwa, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Hadir pula Wasekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani dan Dewan Kehormatan Parmusi Bachtiar Hamzah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.