Sukses

Penggemar Sepeda Ontel Akan Berparade di Bandung

Dalam rangka mensosialisasikan kendaraan ramah lingkungan dan penggunaan sepeda kepada masyarakat, komunitas penggemar sepeda Ontel akan menggelar parade keliling Bandung.

Liputan6.com,Bandung: Dalam rangka mensosialisasikan kendaraan ramah lingkungan dan penggunaan sepeda kepada masyarakat, seribuan penggemar sepeda ontel atau sepeda kumbang akan menggelar parade keliling Kota Bandung, Ahad (31/1).

Panitia Parade Sepeda Ontel Bandung, Mateta Rizalulhaq di Bandung, Sabtu (30/1) mengatakan, selain dari Bandung, "Penggemar sepeda ontel dari beberapa kota di Indonesia akan hadir, termasuk dari Singapura dan Malaysia," katanya seperti dikutip ANTARA. Para peserta  akan mengenakan pakaian khas, seperti jas para pejuang pergerakan, pakaian koko khas Jawa serta berbagai ornamen dan seragam lainnya.

Parade itu rencananya akan melintasi beberapa ruas jalan utama di kota Bandung, yakni start dari Balai Pelatihan PTKA di Jalan Laswi - Jalan
Gatot Subroto - Jl Asia Afrika - Jl Banceuy - Jl Naripan - Jl Sunda - Jalan Lombok - Jalan RE Martadinata - Jl Laswi dan finish di Balai Diklat PTKA.

Mateta menambahkan, kegiatan ini sekaligus menjadi reuni bagi komunitas penggemar sepeda ontel di Indonesia. Selama ini mereka terorganisir di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan beberapa kota lainnya. Kampanye kendaraan ramah lingkungan tersebut sekaligus juga sebagai ajang menanamkan nilai-nilai sejarah perjuangan dan kebangsaan, kata Mateta yang juga Kabid Humas Eskternal PTKA itu.

Sepeda ontel merupakan bagian penting dari sejarah transportasi di masa lalu. Sepeda-sepeda itu, kata Mateta biasanya mempunyai sejarah masing-masing, bahkan sebagian masih memiliki surat-surat resmi.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini