Sukses

Anggota DPR: Penyelenggaraan Haji Perlu Pembenahan

Walaupun, dia mengakui, secara umum, penyelenggaraan haji sekarang lebih baik dari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan haji 2016 hampir rampung. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mewanti-wanti agar pemerintah membenahi sejumlah bidang dalam penyelenggaraan haji ini.

Tujuannya agar penyelenggaraan haji 2017 lebih baik. Walaupun, dia mengakui, secara umum, penyelenggaraan haji sekarang lebih baik dari sebelumnya.

Dia mencontohkan masalah kebersihan pemondokan dan petugas keamanan.

"Misalnya, masalah perumahan jemaah yang dinilai masih terlalu jauh, karena jarak antarsatu pemondokan dengan pemondokan lainnya sekitar 4,5 km," tulis Iskan dalam keterangan persnya di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (30/9/2016).

Selain itu, perumahan tersebut berbentuk apartemen dan lokasinya jauh dari keramaian.

Masalah lain yang dikemukakan anggota F-PKS ini adalah soal transportasi. Mobil jemputan disatukan dengan jemaah dari negara lain.

"Petugas keamanan dari TNI/Polri juga perlu ditambah, agar bisa maksimal membantu jemaah," kata Iskan.

Hal yang perlu dibenahi lainnya yakni kondisi tenda dan juga upaya menjaga kebersihan di sekitar tenda saat wukuf. Dia mengharapkan Kementerian Agama bisa berkoordinasi dengan pengelola maktab untuk memastikan kebersihan tersebut dan pengelolaan sampah.

Masalah sanitasi tak lepas dari catatan Iskan. Misalnya, soal penyediaan WC yang terbatas. Ini membuat jemaah kesulitan mencari toilet terdekat bila ada kebutuhan buang air.

Penyediaan katering tidak sama di setiap kota. Bila di Arafah dan Mina cukup bagus, maka di Mekah hanya disediakan nasi boks. Tidak ada penyajian ala prasmanan.

Iskan mengharapkan penyelenggaraan haji musim mendatang dapat lebih baik melalui sejumlah perbaikan yang dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini