Sukses

Dana Tak Transparan, Warga Segel Kantor Desa

Ratusan warga menuntut Kepala Desa Cikoneng, Caca Santosa, mengundurkan diri karena tidak transparan dalam pengelolaan kas desa. Dalam aksinya, warga sempat menyegel kantor desa dan membakar ban.

Liputan6.com, Sumedang: Ratusan warga berunjuk rasa di kantor Desa Cikoneng, Kecamatan Ganeas, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (29/1) pagi. Dalam aksinya, warga membakar ban serta membawa keranda mayat sebagai simbol matinya transparasi di desa mereka. Massa yang terdiri dari pemuda dan ibu rumah tangga ini juga sempat menyegel kantor desa. Pasalnya, warga kecewa tak ada seorang pun apara desa yang mau menemui mereka.

Dalam orasinya, warga menuntut Kepala Desa Cikoneng, Caca Santosa, segera mengundurkan diri. Mereka menilai Caca yang sudah dua periode memimpin tidak transparan dalam pengelolaan kas desa. Salah satunya adalah alokasi dana desa sebesar Rp 80 juta yang diakui Caca untuk membantu penyaluran beras bagi rakyat miskin.

Pengunjuk rasa akhirnya bisa ditenangkan setelah Camat Ganeas bersama aparat Kepolisian Resor Sumedang turun tangan. Kepada pengunjuk rasa, Camat Ganeas berjanji membawa tuntutan warga ke forum resmi yang bakal digelar dalam waktu dekat. Akhirnya, warga membubarkan diri. Namun, warga mengancam kembali berunjuk rasa jika tuntutan mereka tak dipenuhi.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.