Sukses

Ada Unjuk Rasa Buruh Tolak Tax Amnesty, Hindari Rute Ini

Buat menghindari kemacetan akibat demo buruh, Ditlantas Polda Metro pun mengimbau masyarakat menggunakan rute-rute terdekat dari ruas jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 10 ribu buruh diperkirakan akan menggelar unjuk rasa di sejumlah titik di Ibu Kota, pada Kamis pagi ini. ‎Demonstrasi buruh tersebut merupakan bentuk penolakan buruh terhadap program tax amnesty atau pengampunan pajak yang digulirkan pemerintah.

Terkait aksi massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Polda Metro Jaya telah menyiapkan antisipasi kemacetan yang diprediksi bakal terjadi karena demo buruh tersebut.

"Gabungan KSPSI cabang Tangerang, Bekasi dan Karawang akan unjuk rasa di depan Istana Negara, DPR RI, Kantor Jamsostek dan Kemenakertrans. Banyaknya massa yang akan turun ke jalan diperkirakan akan menyebabkan masalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Ibu Kota," ucap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di Jakarta, Rabu, 28 September 2016.

Dia membeberkan rencana pengaturan lalu lintas jika nantinya terjadi peningkatan konsentrasi massa dan peningkatan eskalasi.

"Masyarakat kami imbau agar menghindari jalan Gatsu setelah Semanggi arah barat, jalan Gatsu setelah Semanggi arah Timur dan jalan Gatsu setelah TL Kuningan arah timur," terang Budiyanto.

Untuk mengurangi terjadinya kepadatan arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut, dia juga mengimbau masyarakat menggunakan rute-rute terdekat dari ruas jalan.

"Kami mengimbau juga kepada masyarakat untuk selalu mengikuti petunjuk dan arahan petugas Polri di jalan yang melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas," ucap Budiyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Pengalihan Arus

Selain itu, Budiyanto mengatakan jika terjadi peningkatan konsentrasi massa, maka akan dilakukan pengalihan arus. Adapun rute pengalihan arus yang akan berlaku adalah sebagai berikut:

Bundaran HI ke arah Jalan Sudirman:
A. Jalan Teluk Betung-Jalan Kebon Kacang/Dukuh Atas-Jalan Kendal
B. Jalan Dukuh Atas-Tanah Abang-Jalan Galunggung.

Bundaran HI ke arah Patung Kuda:
A. Jalan Wahid Hasyim-Jalan A Salim.
B. Jalan Sabang-Jalan S Syahrir.

Istana Negara dari Jalan MH Thamrin ke arah Harmoni:
A. Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Jalan Gajah Mada.
B. Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Veteran 1-Jalan Veteran.

Dari arah Harmoni/Jalan Hayam Wuruk:
A. Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan R Rais.
B. Jalan S Pranoto-Jalan Balik Papan Raya-Jalan Cideng Timur.
C. Jalan Majapahit-Jalan Abdul Muis-Jalan Budi Kemuliaan/Jalan Kebon Sirih

Arah Stasiun Kota ke Harmoni:
A. Ke kiri TL Olimo-Mangga Besar-Gunung Sahari-Jalan W Pranoto-Pecenongan-Jalan Samanhudi.
B. Ke kanan diarahkan melalui Jalan Zainul Arifin

DPR/MPR RI (Jalan Gatot Subroto arah barat):

Dari arah Semanggi :
Semanggi-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gelora-Jalan Gelora 1/Jalan Palmerah Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini