Hiromi Kano, Sinden asal Jepang

  • Sosial & Budaya
  • 0
  • 29 Jan 2010 07:32

100129asinden_jepang.jpg
Liputan6.com, Banyumas: Bila mendengar nama sinden atau waranggana wayang kulit, tentu sebagian orang akan membayangkan sosok wanita Jawa yang fasih menembang dalam bahasa Jawa. Namun warga Jepang bernama Hiromi Kano mahir nyinden. Selama 13 tahun, ia malang melintang dari panggung ke panggung pertunjukan wayang.

Saat ditemui SCTV, Kamis (28/1), Hiromi Kano sedang mempersiapkan diri untuk manggung. Merias wajah serta menyanggul rambut rambut sendiri, sudah menjadi rutinitasnya setiap kali ia akan manggung. Sepintas orang tidak menyangka ia asli orang Jepang. Pasalnya Hiromi Kano pun lancar berbahasa Jawa.

Usai merias diri, Hiromi pun naik ke atas panggung bergabung dengan sinden lainnya. Saat Hiromi Kano menyinden, hampir tidak bisa dibedakan dengan sinden asli Jawa. Hiromi sangat serius dalam meniti karir sebagai pesinden. Sejumlah dalang ternama di telah dia ikuti saat menggelar pertujukan wayang.

Hiromi mengaku tertarik dengan dunia sinden dan wayang kulit karena tidak jauh berbeda dengan kesenian di negaranya. Selain itu menghibur banyak orang menjadi cita-citanya. Awal mula ketertarikan Hiromi pada seni pewayangan dimulai saat kuliah di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Solo pada 1996.(JUM)
Terpopuler