Sukses

Tempat Pengelola Limbah di Cipayung Jebol Akibat Longsor

Bila tak segera diperbaiki akan berdampak pada pencemaran aliran Sungai Pesanggarahan.

Liputan6.com, Depok - Hujan yang mengguyur Kota Depok, Jawa Barat, dalam seminggu belakang membuat bangunan yang membentengi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung roboh. Akibatnya, IPAL tersebut tak bisa beroperasi. Bila ini terus dibiarkan akan berdampak pada pencemaran aliran Sungai Pesanggarahan.

Kepala UPT TPA Cipayung Depok, Iyay Gumilar, mengatakan sudah hampir seminggu Rumah Blower yang berada di Kolam B tempat penampungan air sampah rusak lantaran diterjang longsor.

"Ini (tanah) bergeser, karena tekanan sampah yang terlalu besar dari atas. Imbasnya tanah jadi menurun, sehingga mengakibatkan rumah pompa kami roboh dan jalan menuju Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) juga retak," kata Iyay Gumilar di TPA Cipayung, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 27 September 2016.

Padahal, kata dia, isi di dalam Rumah Blower ialah mesin-mesin Instalasi Air Limbah (IPAL) yang berfungsi untuk airasi limbah sampah. Jadi, harus segera direhabilitasi.

"Gara-gara rusak enggak berjalan airasi-nya. Ini urgent dan harus segera diperbaiki. Kalau tidak bisa mencemari sungai, dampak lainnya menurunkan permukaan tanah," pungkas Iyay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini