Sukses

3 Pemenang Lomba Foto Gerakan Nasional Revolusi Mental

Menko PMK, Puan Maharani menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Foto yang mengusung tema "Revolusi Mental".

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu upaya menyebarluaskan banyaknya makna dari semangat membangkitkan kembali karakter bangsa, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar  lomba foto yang bertemakan ‘Revolusi Mental’ pada bulan Mei 2016 lalu.

Sejak lomba pertama kali diumumkan awal Mei 2016 lalu hingga tenggat akhir penyerahan hasil karya foto peserta pada 31 Mei 2016, dalam 27 hari publikasi diketahui bahwa dewan juri telah menerima sebanyak 1.980 karya foto dari 541 peserta yang berasal dari berbagai wilayah tanah air.

Dewan juri lomba foto bertemakan ‘Revolusi Mental’ ini terdiri atas dua orang ahli fotografi dan satu perwakilan dari Kemenko PMK. 

Pada praseleksi tahap pertama, panitia mendiskualifikasi 510 foto dan pada praseleksi tahap kedua, panitia mendiskualifikasi 132 foto lagi dan menyisakan 1338 foto untuk diseleksi kembali.

Penjurian praseleksi dan final dilakukan tanpa menampilkan nama peserta atau pemilik foto. Sebelum sampai pada tahap praseleksi, panitia telah menggandakan dan mengganti file penamaan foto peserta dengan sistem kode nomor. Dengan begitu, penjurian dianggap lebih fair untuk menghindari kecurangan karena faktor nepotisme.

Pada seleksi tahap akhir tertanggal 13 Juni 2016, Dewan Juri akhirnya menentukan Juara I, II dan III, 20 Nominasi Terbaik ditambah dua cadangan dengan sistem skoring nilai untuk masing-masing foto. Adapun hasil karya foto yang memenuhi kriteria penilaian dewan juri dan sesuai dengan ketentuan lomba yaitu Indonesia Bersih, Indonesia Melayani, dan Indonesia Tertib itu menetapkan tiga pemenang:

1. Dhoni Setiawan asal Tangerang Selatan, Banten, yang berjudul “Menghadang yang Tidak tertib’ sebagai Pemenang Pertama dengan skor 16;

2. Oki Santosa asal Bandung dengan judul: “Disiplin” sebagai Pemenang Kedua dengan skor 13; dan

3. Ujang Hidayat asal Bandung, Jawa Barat dengan judul: “Saling Bantu” sebagai Pemenang Ketiga dengan skor 11.

Menko PMK, Puan Maharani sangat mengapresiasi hasil karya pemenang dan berdialog dengan para pemenang mengenai proses dibalik karya yang mereka kirimkan.

"Dengan diselenggarakannya lomba foto Gerakan Nasional Revolusi Mental, diharapkan dapat diperoleh gambaran nyata tentang sejauh mana Gerakan Nasional Revolusi Mental telah diaplikasikan oleh masyarakat Indonesia ke dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam ber-Indonesia Bersih, Indonesia Tertib dan Indonesia Melayani," kata Puan Maharani. 

Sebagai penutup, Menko PMK meminta dukungan dari segenap pihak, baik itu masyarakat juga media massa untuk mensukseskan Kerakan Nasional Revolusi Mental.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.